Jumat, 25 November 2011

KUIS 9
1. Cara memasuki pasar internasional
- export
- licening
- franchising
- specialty modes
- foreign direct investment
2. Sebutkan 3 cara specialty modes
- contract manufacturing
- management contract
- turnkey project
3. Jelaskan yang dimaksud strategi aliansi
business arrangement whereby two or more firm choose to corporate for their mutual benefit
4. Keuntungan dan kerugian strategi aliansi
benefit : - easy of market entry
             - shared risk
             - share knowledge and experience
             - synergy and competitive advantage
5. 2 jenis type

6. Jelaskan international strategic management dan langkah-langkahnya
proses perencanaan strategi yg sedang berjalan dan suatu formulasi dan pengimplementasian dari beberapa strategi yang membuat suatu perusahaan dapat bersaing secara efektif dan efisien di tingkat internasional
7. Pilihan-pilihan strategi
- related diversification
- unrelated diversification
- multidomestic strategy
- global strategy
8. International business dan kegiatan-kegiatannya
all business transaction that involve two or more countries
- export, import
- investment
- strategic alliance
- use of assets


LATIHAN SOAL
1. Jelaskan yang dimaksud dengan HRD
aktivitas yang diarahkan untuk menarik karyawan, mengembangkan, memelihara, tenaga kerja dengan efektif
2. Proses dlm international HRM process
3. Cultural shock dan fase-fasenya dalam akulturasi
psychological phenomenon that may lead to feeling of fear, helplessness, iritability, and disorientation
fase-fasenya:
- honeymoon
- disillutionment
- adaptation
- biculturalism



KUIS 8
1. International strategic management
proses perencanaan strategi yang sedang berjalan dan suatu formulasi dan pengimplementasian dari beberapa srategi yang membuat suatu perusahaan dapat bersaing secara efektif dan efisisen di tingkat internasional
2. Tingkatan strategi
- single business strategi
- related diversification
- unrelated diversification
3. Hubungan coorporate strategy dg fungsional strategy di host country
mensinergikan strategi perusahaan dg penerapannya secara fungsional di host country (brazil)
4. Pilihan-pilihan strategi


5. IMF dan Tujuannya
International Monetary Fund
- to promote international monetary corporation
- to facilitate the expansion and balance growth of international trade
6. Bentuk2 investasi dan teorinya
- foreign direct investment
- portfolio investment
teori: - ownership advantage
        - internalization
        - dunning's electic theory
7. Teori perdagangan internasional
- classical country theory
- firm base theory
8. Jenis- jenis hukum
- common law
- civil law
- religious law
- bureaucratic law
9. International business dan bentuk- bentuknya
all business transaction that involve two or more countries
- export, import
- use of assets
- investment
- strategic alliance
- performance of service


LATIHAN SOAL
1. Cara memasuki pasar internasional
- export
- licensing
- specialty modes ( contract manufacturing, management contract, turnkey project, greenfield strategy)
- foreign direct investment

2. Aliensi strategi internasional
business arrangement whereby two or more firm choose to corporate for their mutual benefit
3. 2 tipe alliance
- comperhensive strategy
- functional strategy ( marketing, finance, SDM, operational)

Rabu, 16 November 2011

INTERNATIONAL TRADE AND INVESTMENT THEORY

       Perdagangan internasional adalah perdagangan diantara penduduk dua Negara atau lebih. Meliputi pertukaran barang, jasa, aseets, dan uang diantara satu orang atau organisasi yang lainnya. Komponen terbesar perdagangan internasional di dunia dalam bidang perjalanan dan pariwisata sebesar $1,5 triliun per tahun dipegang oleh eropa.

Negara klasik berbasis teori perdagangan
  1. Mercantilism
Kekayaan suatu negara diukur dengan kepemilikan emas dan perak
Sebuah sasaran negara harus untuk memperbesar kepemilikan emas dan perak  dengan
mempromosikan ekspor
mengecilkan impor
Contohnya amerika dengan tekstil produsen
perusahaan baja
gula petani
kacang petani
  1. Absolute Advantage ( keunggulan mutlak)
Suatu Negara dikatakan memiliki keunggulan mutlak dari negara lain, karena Negara tersebut mampu memproduksi barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh Negara lain.
  1. Comparative Advantage ( keunggulan komparatif)
Suatu Negara dikatakan mempunyai keunggulan komparatif jika Negara tsb memproduksi barang atau jasa dengan biaya yang lebih murah dari Negara lain. faktor yang mempengaruhinya adalah
- Perbedaan kekayaan sumber daya alam
- Perbedaan efisiensi
- Perbedaan tingkat teknologi yang digunakan
- Perbedaan selera
- Perbedaan sosial, budaya, politik, dan pertahanan keamanan.

  1. Comparative Advantage with Money
  2. Relative Factor Endowments
Faktor endowment, yaitu kepemilikan faktor-faktor produksi didalam suatu Negara.

Manfaat dan Dampak Perdagangan Internasional

Manfaat perdagangan internasional:
1. Meningkatkan kualitas konsumsi
2. Mendatangakan devisa bagi negara
3. Terbukanya lapangan kerja
4. Stabilisasi harga-harga
5. Transfer teknologi
Dampak perdagangan internasional bagi Indonesia:
Dampak Positif
1. Berbagai macam kebutuhan barang dan jasa terpenuhi
2. Harga barang semakin murah karena efisiensi dan spesialisasi
3. Devisa negara meningkat
4. Lapangan kerja terbuka
5. Adanya persahabatan dan kerja sama antarnegara
6. Mendorong kegiatan ekonomi
Dampak Negatif
1. Produk dalam negeri menurun karena kurang disukai masyarakat.
2. Ketergantungan terhadap negara-negara maju.

Cara Pembayaran Internasional

Dalam perdagangan internasional pembayaran dilakukan dengan menggunakan valuta asing atau devisa.
Devisa adalah semua barang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran internasional dan dapat diterima di dunia internasional.
Valuta asing adalah mata uang asing yang dipakai sebagai alat pembayaran luar negeri.
Kurs valuta asing adalah perbandingan nilai mata uang asing terhadap mata uang dalam negeri.
Macam-macam kurs valuta asing:
1. Kurs beli, yaitu kurs yang diberlakukan oleh bank apabila bank membeli mata uang asing.
2. Kurs jual, yaitu kurs yang diberlakukan oleh bank apabila bank menjual mata uang asing.
3. Kurs tengah, yaitu kurs rata-rata antara kurs beli dan kurs jual.
Alat pembayaran dalam perdagangan internasional dapat berupa : emas dan perak, valuta asing, dan wesel asing.

Hambatan Perdagangan Internasional

Perdagangan Internasional dapat berjalan dengan lancar apabila negara-negara yang terlibat dalam perdagangan bisa bebas mengekspor atau mengimpor barang sesuai dengan keinginan. Adanya hambatan mengakibatkan kegiatan ekspor-impor terganggu.
Hambatan-hambatan perdagangan internasional itu antara lain:
1. Kuota
2. Larangan impor
3. Tarif
4. Subsidi
5. Embargo ekonomi
KUIS 7
1. Jelaskan yang dimaksud dengan international manajemen?
Komperhensif dan berkelanjutan proses perencanaan manajemen yang ditujukan untuk merumuskan & melaksanakan strategis
2. Jelaskan tahap-tahap internasional?
3. 4 pilihan strategic?
4. Singkatan IMF & tujuannya?
Internasional monetary fund
- Memberikan pinjaman untuk negara-negara berkembang
5. Internasional trade?
Proses jual beli barang atau jasa yang dilakukan antara penduduk 2 negara atau lebih.
6. Teori-teori investasi?
- Ownership advantages
- Intenalization
- Dunning's electic theory
7. Komponen budaya & teorinya?
- Value
- Attitude
- Behaviour
- Belief
- Customs
Teori :  - Hall's low context high context approach
            - Cultural cluster approach
            - Hofsted's 5 dimension
8. Internasional business & bentuk-bentuknya?
All business trasaction that involve two or more countries
- Export, import
- Use of assets
- Alliances strategic
- Performance of service
- Investment
KUIS 6
1. Singkatan IMF & tujuannya?
Internasional monetary fund
- Memberi pinjaman dana negara berkembang
2. BOP?
Balance of payment
3. Internasional strategic manajemen & alternatif-alternatif strategic
- Strategi global
-Strategi transactional
- Strategireplikasi strategi
4. 3 tingkatan strategi?
- Strategi SBU
- Stretegi fungsional
- Strategi kooporasi
5. Internasional trade & teorinya?
Trade between resident of two countries
- Merchantilism
- Absotute advantage
- Competitive advantage with manet
- Relative factor endowment
6. Jenis investasi & teori-teori investasi?
Teori investasi : - ownership advantage
                        - internalisation
7. Elemen-elemen culture & teorinya?
- Language
- Communication
- Social strukture
- Value/attitude
- Religion
Teori
- Hall's low context, high context approaching
- Cultural cluster approach
- Hofstede's 5 dimension
8. 4 sistem hukum?
- Common law
- Religius law
- Bureaucratis law
- Civil law
9. Internasional bisnis & bentuk-bentuknya?
All of buiness transaction that involve two or more countries
- Export, import
- Use for assets
- Investasi
10. Globalisasi & 2 komponennya?
Perubahan ekonomi dunia yang terintegrasi & saling ketergantungan
- Globalisation market
- Globalisation production
KUIS 5
1. Jelaskan yang dimaksud perdagangan internasional?
kegiatan bisnis jual/beli ekspor-impor yang melibatkan dua negara atau lebih yang berperan sebagai home country & host country
2.
3. Teori-teori PI yang termasuk dalam firm base?
- Absolute advantage
- Merchantilism
- Comparative advantage
- Comparative advantage with money
4. sebutkan jenis-jenis daripada investasi?

5. Sebutkan teori-teori investasi?

6. Sebutkan 4 sistem hukum?
- Common law
- Civil law
- Religious law
- Bureocratic law
7. Faktor-faktor pendorong terjadi BI?
- Expand sales
- Resources
- Differensify
- Minimum risk
8. Elemen-elemen budaya?
- Value
- Behaviour
- Beliefs
- Attitude
- Customs
9. Globalisasi dan 2 komponenya?
Market & production, globalisasi : perubahan ekonomi dunia yang terintegrasi & saling ketergantungan.
10. Apa internasional bisnis & bentuk-bentuknya?
All business transaction that invole two or more countries
KUIS 4
1. Berikan gambaran situasi politik host country?
situasi polirik di brazil konstitusi 1988 memberikan kekuasaan yang besar pada pemerintah federal.
2. Sebutkan 4 sistem hukum?
- Common low
-Civil law
-Religius law
-Bureaucratic law
3. Pengaruh teknologi terhadap bisnis internasional?
- Kemudahan dalam komunikasi dan transaksi bisni antara negara.
- kemudahan dalam memperoleh informasi lingkungan makro host country.
4. 2 komponen globalisasi?
- Market
- Production
5. Bentuk bisnis internasional?
- Export - import
- Investasi
- Use for assets
- Aliansi strategis
- Service
6. Definisi bisnis internasional?
All business transaction that involve two or more countries
KUIS 3
1.  Bisnis Internasional?
Segala suatu transaksi bisnis baik pemerintah maupun swasta yang melibatkan dua negara atau lebih.
2.  Bisnis?
Kegiatan mengolah resource menjadi sesuatu yang bernilai guna dan mampu menghasilkan laba.
3.  Jelaskan lingkungan bisnis & pengaruhnya terhadap perusahaan?
Lingkungan internal : terdapat dalam perusahaan dan dapat dikendalikan.
misalnya : pegawai.
Lingkungan eksternal : terdapat diluar perusahaan pengaruhnya tidak langsung terhadap perusahaan dan tidak dapat dikendalikan
Misalnya : politik.
4.  Manajemen?
Kegiatan planning, organizing, actuating, controling.
5.  Jelaskan tentang marketing?
Marketing : proses sosial manajerial mengenai menciptakan produk, penetapan harga menyalurkan produk dan menawarkan/mempromosikan produk.
6.  Gambarkan saat ke lapangan?
- BCA Letter of Credit
Letter of Credit adalah formulir yang diterbitkan bank setempat yang ditunjuk untuk kerjasama internasional dan LC adalah surat perjanjian bayar.
- BMKPPD
Merupakan badan dengan kepala organisasi/badan setingkat mentri. Merupakan tempat bagi penenaman modal usaha di jawa barat. Mengelola investasi yang beredar di provinsi jawa barat. Menarik dana-dana dari usaha yang terdaftar setelah perusahaan-perusahaan tersebut memperoleh laba dalam kurun waktu 2tahun.
- Forwarder company ( PT. CLS (cahaya lintas samudra)) perusahaan yang melayani pengiriman import barang dari berbagai negara seperti cina, bangkok, korea, singapore bekerjasama dengan perusahaan pengiriman setempat dan dengan minimum kiriman 1 kubik/paket. melayani kiriman laut dan udara.
- Peti kemas
Melayani kiriman dalam bentuk paket besar container dalam & luar negeri.
- Indofood
Perusahaan makanan indonesia dengan produk-produknya seperti mie, saos, kecap dll. Produknya telah dikenal hingga mancanegara terutama produk mie indofood yang diperkenalkan oleh sudono salim.
KUIS 2
1.  Apa yang dimaksud dengan bisnis?
Bisnis ialah suatu kegiatan menghasilkan barang atau jasa untuk memperoleh laba dan mendapatkan / memenuhi kebutuhan (needs & profit)
2.  Apa yang dimaksud lingkungan bisnis & pengaruhnya?
Lingkungan bisnis ialah suatu kondisi atau keadaan yang dapat mempengaruhi perusahaan secara langsung maupun tidak langsung. pengaruh langsung disebut lingkungan mikro karena dampaknya terasa langsung oleh perusahaan dan dapat dikontrol misalnya demo buruh perusahaan indomie, untuk kenaikan upah. Sedangkan pengaruh tidak langsung disebut lingkungan makro karena dampaknya tidak terasa secara langsung oleh perusahaan dan tidak dapat dikontrol misalnya bencana alam.
3.  Apa yang dimaksud manajemen?
Manajemen merupakan suatu kegiatan planning organizing, actuating dan controling dan memadukan segala fungsi-fungsi manajemn untuk mencapai suatu tujuan organisasi.
4.  Apa yang dimaksud organisasi?
Organisasi ialah sekumpulan orang yang memiliki kesamaan visi, misi, dan tujuan yang terintegrasi dan di bentuk untuk mencapai tujuan bersama.
5.  Apa yang dimaksud lingkungan global & pengaruhnya terhadap perusahaan?
Lingkungan global ialah lingkungan luar perusahaan yang luas melibatkan banyak negara